Sunday, June 09, 2013

Tips menolong korban tenggelam

Menolong korban tenggelam mungkin lebih sulit daripada menolong korban di darat. Diperlukan keahlian khusus seperti berenang dan alat-alat yang sesuai. Jangan sampai tujuan menolong korban, mengakibatkan diri sendiri ikut menjadi korban. Berikut ini tip-tip yang bisa dilakukan untuk menolong korban tenggelam:

  1. Pastikan anda siap menolong. Sebelum menolong korban tenggelam, pastikan anda mempunyai keahlian dan alat pelindung yang cukup, misalnya pelampung atau jaket pelampung.
  2. Jika terdapat lebih dari 1 penolong, maka penolong ke dua sebaiknya segera menelpon 118 atau memanggil bantuan kepada petugas rumah sakit terdekat. Katakan lokasi kejadian dan jangan tutup telepon sampai pihak rumah sakit atau 118 mengerti apa yang akan dilakukan.
  3. Jika korban masih sadar, maka segera ambil kayu atau tongkat untuk mencapai korban. Jika terlalu jauh, maka seutas tali yang panjang bisa dilemparkan ke arah korban. Suruh korban berpegangan pada peralatan tersebut. 
  4. Jika posisi korban terlalu jauh, dan ada banyak penolong, maka coba untuk mencapai korban dengan cara membuat rangkaian penolong seperti rantai. Ingat, ikat penolong terdepan dengan tali dan pangkal tali diikatkan pada rantai penolong. Tidak usah memaksakan diri untuk mencapai atau menyentuh korban yang panik. Cukup memakai dayung atau tali yang diarahkan ke korban agar  menngapai tali atau dayung tersebut. 
  5. Jika korban pingsan, maka dekatilah korban dengan perahu atau penolong mendekati korban dengan lebih dulu mengikatkan diri pada tali yang ujungnya ada yang memeganginya.
  6. Sesampai korban di daratan, segera selimuti untuk mencegah kedinginan atau hipotermi. Jika terjadi henti jantung atau napas, segera lakukan bantuan hidup dasar.
  7. Mudah-mudahan bermanfaat

No comments:

Kuliah Siklus Krebs dan Bioenergetika